Selasa, 11 Desember 2012

target='_blank' Ulasan singkat mengenai novel 5 cm

Setelah sebelumnya Sinopsis Novel ini yang saya berikan.. berikut adalah ulasan mengenai novel 5 cm tersebut


Novel 5 cm bercerita tentang persahabatan antara Arial, Riani, Ian, Zafran dan Genta. Di novel ini juga disajikan masalah-masalah yang biasa terjadi dalam sebuah persahabatan. Contohnya saat Ian yang tidak menjadi dirinya sendiri karena ingin dipandang atau ingin dikagumi oleh teman-temannya, saat mereka berada di puncak kebosanan akan rutinitas yang sama, dan saat ketidakpercayaan mulai tumbuh dalam persahabatan mereka. Namun mereka mampu keluar dari masalah-masalah itu. Jalan keluarnya hanyalah dibicarakannya masalah tersebut secara baik-baik dan diciptakannya sikap saling percaya satu sama lain.       
      
 Novel karya Dhonny Dhirgantoro ini mempunyai ciri khas tersendiri. Di novel ini banyak terdapat lirik-lirik lagu yang digunakan penulis untuk sebagai penekanan dari situasi-situasi yang digambarkan.                                                       
    Selain lirik, terdapat pula kutipan-kutipan kata-kata bijak dari orang-orang terkenal seperti ‘cagito ergo sum’ (aku berpikir maka aku ada) dari Descartes Rene. Ada juga ‘quote’ yang berasal dari Albert Einstein dan didedikasikan pada saat pemakaman Mahatma Gandhi,”Generation to come will scarce believe that such a one as this, ever in flesh and blood walked up on this Earth.” (Generasi mendatang akan sulit mempercayai sesuatu yang menakjubkan ini pernah ada dalam darah dan daging, serta berjalan di atas muka bumi.                
 5 cm ini sangat inspiratif, menuntut para pembacanya untuk menjadi pribadi yang optimis dan pantang menyerah pada keadaan. Ada sebuah bagian dalam novel ini yang bisa membangkitkan semangat mencapai tujuan.
“Biarkan keyakinan kamu, 5 sentimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekat yang seribu kali lebih kuat dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa.”
Kata-kata itu menunjukkan bahwa untuk mencapai tujuan, kita harus punya keyakinan, usaha keras dan doa.
Buku ini mengingatkan saya sekali lagi tentang kekuatan cinta dan keajaiban mimpi dan keyakinan. Dan bahwa kita tak perlu bukti dan hitungan dan rumus-rumus yang rumit untuk membuktikan keajaiban itu, Kita hanya harus mempercayainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar